Assalamu'alaikum ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Nurisfm Network
Naskah tentang Ilmu Agama Islam dalam media ini diambil dan disusun dari berbagai sumber. Tidak tercantumnya sumber dan penulis, bermaksud untuk penyajian ilmu yang 'netral' semata. Mudah-mudahan menjadikan amal baik bagi penulisnya dan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Kelemahan dan kekurangan serta segala yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan. Apabila ada pihak yang keberatan atau merasa dirugikan dimohonkan menghubungi Admin (Abu Azka). Dan untuk naskah-naskah ilmu pengetahuan umum, Insya Allah akan dicantumkan sumber dan atau penulisnya. Mohon Maaf sebelumnya, sekian dan terima kasih ^-^

Teladan Empat Khalifah

Written By Rudianto on Jumat, 17 Agustus 2012 | 07.07


Teladan empat khalifah : Abu Bakar Ash-Shidiq, Umar bin Khattab Al-Faruq, Utsman bin Affan Dzurunain dan Ali bin Abi Thalib Al-Murtadha (rodhiallahu 'anhum)

Abu Bakar :
  1. inget adegan beliau membela Rosulullah ketika dipukuli oleh para pembesar Quraisy? Abu Bakar berkata kurang lebih : "Apakah kamu akan membunuh seorang laki-laki karena dia mengatakan : "Robbku ialah Allah" padahal dia telah datang kepadamu dengan membawa keterangan-keterangan dari Robbmu?" Lalu Abu Bakar dipukuli, dan beliau sampai pingsan. Setelah sadar, pertama kali yang diucapkan adalah : bagaimana keadaan Rosul?
  2. inget juga kan ketika Abu Bakar membebaskan para budak yang lemah? Saat ditanya oleh ayahnya, kenapa tidak kau habiskan harta-harta mu untuk membebaskan orang-orang yang akan menguatkan posisi mu? dijawab oleh Abu Bakar, wahai Ayahku, aku menghabiskan harta-harta ku ini hanya saja untuk di jalan Allah.

Umar bin Khattab :
  1. inget saat proses beliau memeluk islam? lihatlah betapa cerdas dan lembutnya hati beliau saat beliau membaca surah thoha... semoga kita dapat mencontohnya
  2. saat beliau memberikan contoh dan wejangan kepada putranya (sepertinya Abdullah bin Umar) ketika akan memberikan bantuan kepada bani Hasyim yang diboikot oleh kafir Quraisy.

Utsman bin Affan : "adegan beliau" lebih sedikit dari tiga khalifah pada film ini :
  1. di episode 2, beliau sangat semangat dalam mencari kebenaran. Beliau bertanya kepada shahabatnya Abu Bakar yang telah lebih dahulu masuk Islam. Dan beliau adalah orang yang pertama menerima Islam dari ajakan Abu Bakar.
Dalam buku2 sejarah, beliau ini adalah salah seorang shahabat yang kaya dan dermawan. Beliau mengeluarkan banyak hartanya untuk di jalan Allah. Diantaranya beliau membeli sumur "Rummah" di Madinah milik Yahudi. Diantaranya juga saat terjadi Perang Tabuk (tidak terdapat di film) : Diantaranya juga, pada waktu perang Tabuk, ketika Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersiap-siap untuk berangkat perang, mereka kekurangan bekal. Maka beliau bersabda :”Barangsiapa yang memberi bekal kepada pasukan (perang Tabuk) yang kesulitan, maka baginya surga”. Ketika Utsman mendengar hal tersebut – dan beliau memang punya harta –, beliaupun membekali mereka. Beliau datang dengan membawa seribu dinar lalu beliau tuangkan di pangkuan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam membolak-balikkannya dengan tangan beliau, seraya mengatakan :”Tidak akan memudharatkan Utsman bin Affan apa yang dia lakukan setelah hari ini”. Beliau mengulang-ngulangi berkali-kali. (hadist riwayat Imam Ahmad dalam Al-Musnad).

'Ali bin Abi Thalib :
  1. keberanian beliau menggantikan posisi di tempat tidur Rosul ketika pemuda-pemuda quraisy hendak membunuh Rosulullah
  2. Beliau pergi berhijrah ke Madinah dengan berjalan kaki sendirian, menempuh jarak yang sangat jauh tanpa alas kaki, sehingga kedua kakinya bengkak dan penuh luka-luka setibanya di Madinah. sebuah teladan keberanian...
  3. Beliau sering ditugasi melakukan perang tanding (duel) sebelum perang dimulai. Duel beliau pada perang Badar, perang Uhud dan perang Khandaq (klo gak salah episode 13) dan semuanya beliau menang
di perang badar beliau berhasil menang dan membunuh lawannya
Di perang Uhud beliau menang dan tidak membunuh karena lawannya saat terdesak mengucapkan pujian kepada Allah.
Di perang Khandaq. Beliau duel dengan saudaranya Amru bin Wuud. Shahabat Ali memulainya dengan mengajak untuk masuk islam terlebih dahulu, karena tidak mau maka terjadilah duel itu dan akhirnya dimenangkan shahabat Ali. tidak seperti kaum teroris yang mengaku berjihad. Mereka pengecut melakukan bom lalu lari bersembunyi dan akhirnya membunuh kaum muslimin...

Sebuah keteladanan empat Khalifah dan empat manusia terbaik , dan empat dari sepuluh shahabat yang dijamin surga oleh Rosulullah saat mereka masih hidup di dunia di dalam hadistnya... "Abu Bakar di dalam surga, Umar di dalam surga, Utsman di dalam surga, Ali di dalam surga, Thalhah di dalam surga, Zubair di dalam surga, Abdurrahman bin 'Auf di dalam surga, Sa'ad bin Abi Waqqash di dalam surga, Said bin Zaid di dalam surga dan Abu Ubaidah bin Al-Jarrah di dalam surga" (Hadist At-Tirmidzi di shohihkan oleh Al-Albani.
Dan masih banyak keteladanan shahabat-shahabat lain yang mungkin di film ini tidak tergambar semuanya. Tapi dicuplikan dengan baik masing-masing shahabat tersebut. Seperti keteladanan keberanian shahabat Abdullah bin Mas'ud membacakan AlQur'an di hadapan pembesar Quraisy dan beliau dipukuli (akhir episode 6). Mereka memiliki kemulian masing2 dari Iman dan amal mereka masing-masing.
semoga kita dapat mencontoh mereka... amiin

0 komentar:

Posting Komentar