Assalamu'alaikum ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Nurisfm Network
Naskah tentang Ilmu Agama Islam dalam media ini diambil dan disusun dari berbagai sumber. Tidak tercantumnya sumber dan penulis, bermaksud untuk penyajian ilmu yang 'netral' semata. Mudah-mudahan menjadikan amal baik bagi penulisnya dan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Kelemahan dan kekurangan serta segala yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan. Apabila ada pihak yang keberatan atau merasa dirugikan dimohonkan menghubungi Admin (Abu Azka). Dan untuk naskah-naskah ilmu pengetahuan umum, Insya Allah akan dicantumkan sumber dan atau penulisnya. Mohon Maaf sebelumnya, sekian dan terima kasih ^-^

Film Son of Babylon

Written By Rudi Abu azka on Kamis, 28 Agustus 2014 | 17.04

 Son of Babylon merupakan film tahun 2010 yang berasal dari Irak dan disutradarai oleh Mohamed Al-Daradji, menceritakan Ahmed (Yasser Talib), seorang anak berumur 12 tahun yang baru saja mendapati kabar ayahnya masih hidup setelah menghilang sejak perang teluk pada tahun 1991.
Bersama dengan neneknya (Shazada Hussein), Ahmed pun segera bertolak dari desanya untuk mencari sang ayah, mengembara dari pegunungan Kurdistan sampai tanah Babilonia. Sang nenek yang hanya fasih berbahasa Kurdi, tidak bisa bahasa Arab dan mengandalkan Ahmed untuk berkomuni-
kasi dengan orang lain agar sampai di tempat tujuan, termasuk meminta tumpangan kepada seorang tua pengemudi truk yang mereka temui. Film yang berlatar belakang tahun 2003, 2 minggu setelah kejatuhan rejim Saddam Hussein ini pun dibuka dengan segala sarkasme dan hujatan pak tua ini yang dilayangkan kepada rejim tersebut. Mohamed pun segera memper-lihatkan kepada penonton sebuah gambaran perang yang hanya melahirkan kepahitan, kehancuran dan kematian. Sambil dibuat tertawa oleh kata-kata
kasar yang keluar dari mulut seorang tua yang sinikal ini, kita juga akan larut terbawa oleh suasana kelam Irak yang terkoyak.

Film ini disutradarai oleh Mohamed Al-Daradji dan telah memenangkan beberapa
penghargaan internasional :

60th Berlin International Film Festival, 2010 winner of the Amnesty Film Award & Peace Prize
Karlovy Vary International Film Festival, 2010 winner of the NETPAC Award
Raindance Film Festival, 2010, winner Best International Feature Film
Hawaii International Film Festival, 2010, Grand Jury Prize Best Feature Film
Edinburgh International Film Festival, 2010, Special Mention
Cinema City IFF, Serbia 2010, Special Mention
Zadar Film Forum, 2010, Best European Co-production

Film ini benar-benar membawa sudut pandang yang jauh berbeda dari film-film tentang perang Irak buatan Hollywood. Selain dibuat oleh sineas Irak sendiri, film ini seperti ingin mengangkat akibat langsung dan tidak langsung dari serbuan AS dan sekutunya ke tanah Irak dan kejatuhan Saddam Hussein lewat perspektif Ahmed dan neneknya. Film drama pasca-perang ini cukup berani dan tegas dalam menggambarkan kehancuran fisik, mental, dan psikologis dari negeri Irak beserta penduduknya. Belum lagi film ini akan memperlihatkan fakta-fakta yang mungkin belum diketahui dunia sebelumnya.

The Hurt Locker dan Green Zone memang membahas tentang situasi perang Irak dengan cukup deskriptif dan mengandung sedikit muatan politis. Buried lebih berani mengangkat situasi Irak pasca-perang lewat kacamata seorang supir truk biasa yang menjadi sandera oleh teroris di Irak. Namun film-film ini tetap dari sudut pandang orang Barat terhadap negeri Irak. Perjalanan Ahmed dan neneknya benar-benar membuka cakrawala baru bagi gue akan permasalahan sosial yang cukup genting yang terjadi di Irak. Bagaimana rakyat Irak bereaksi terhadap Saddam dan kejatuhan rezimnya, sekaligus reaksi mereka akan invasi AS dan sekutunya. Mereka memang membenci Saddam dari dalam lubuk hati, tapi ternyata mereka juga tidak sebegitu memuja AS dan sekutu karena telah meruntuhkan rezim Saddam. Kondisi pasca-kejatuhan rezim Saddam pun ternyata lebih suram dan mengerikan daripada perang Irak itu sendiri. Kondisi sarana dan prasarana yang hancur lebur, banyak keluarga yang kehilangan anggota keluarganya, semakin banyak janda-janda yang ditinggalkan suaminya, dan yang paling tragis adalah ditemukannya berbagai kuburan massal peninggalan rezim Saddam yang totalnya bisa mencapai sekitar 1 juta mayat.


Cara film ini dalam mengambil gambar kota Baghdad yang hancur mengingatkan gue akan pemandangan kota Warsawa dalam The Pianist. Bukan hanya gedung-gedung hancur dan bangkai-bangkai mobil yang masih terbakar, film ini juga cermat mengambil ekspresi dan celetukan penduduk kota Baghdad yang frustrasi namun memiliki secercah harapan untuk hidup. Tapi tidak hanya kota Baghdad, penonton juga disuguhkan pemandangan-pemandangan alam Irak. Walaupun kebanyakan dipenuhi oleh gurun, tapi ternyata ada keindahan tersendiri yang tersembunyi di balik padang pasir itu. Bonusnya, kapan lagi melihat reruntuhan bangunan yang katanya adalah rumah dari nabi Abraham.

Seperti layaknya film-film road-trip, pertemuan antara karakter utama dengan karakter-karakter pembantu di sepanjang jalan dalam film ini sangat mewarnai film ini. Supir yang menjadi sinis terhadap kehidupan - bahkan terhadap Tuhan - karena tragedi perang, janda-janda yang berduka cita, sampai pada pria mantan pasukan khusus yang terlibat dalam Anfal (pembantaian massal kaum Kurdi oleh rezim Saddam Hussein).

Menurut gue, penuturan cerita dalam film ini dibawakan berdasarkan perspektif Ahmed dalam memandang dunia. Di umur yang masih belia dan dengan tingkah kekanak-kanakkannya, Ahmed adalah seorang anak yang optimis, ceria, selalu ingin tahu, dan berani dalam meminta keadilan. Namun bukan berarti Ahmed tidak lepas dari rasa takut,  dengan bagaimana ia sangat takut untuk berpisah dari neneknya - yang menjadi satu-satunya anggota keluarga yang ia miliki.

Semua ini digambarkan dengan sangat baik oleh aktor muda berbakat, Yasser Talib, yang menjadi film pertamanya. Shazada Hussein juga tampil meyakinkan sebagai nenek yang teguh, keras kepala, dan memiliki determinasi tinggi dalam mencari anaknya. Dengan karakter Ahmed yang ceria, penonton akan dibawa pada jalur roller-coaster yang mengaduk-aduk emosi ketika melihat karakter sang nenek, terutama di seperempat terakhir film. Hubungan antara Ahmed dan neneknya juga tidak melulu rukun, tapi setiap konflik dan saling menyayangi diantara mereka selalu menyentuh hati. Saking kuatnya chemistry diantara mereka berdua, rasanya seperti ada yang kurang jika salah satu dari mereka berdua tidak muncul di layar. Belum lagi dengan ending film yang bagi gue adalah sebuah pengalaman sinematik yang rasanya akan terus menempel di dalam kepala gue dalam jangka waktu yang lama.

Kalau film-film bertema Nazi telah banyak yang mengangkat tema pasca-perang dan pasca-kejatuhan Hitler, maka film ini telah menjadi pionir dalam tema pasca-perang Irak dan pasca-kejatuhan rezim Saddam Hussein - dan dari sudut pandang rakyat Irak sendiri. Film ini benar-benar patut ditonton bagi anda yang ingin tahu kekejaman apa yang ada di balik rezim Saddam, apa akibat dari rezim tersebut terhadap rakyat Irak, atau anda yang masih peduli pada nilai kemanusiaan. Di pertengahan, film ini sempat membuat gue putus asa akan harkat hidup manusia di tengah keadaan dunia yang kacau balau. Namun setelah keluar dari bioskop, gue menyadari bahwa terkadang kita perlu menghidupkan sisi kekanak-kanakkan dan optimisme yang ditunjukkan oleh Ahmed, agar kita tidak kehilangan harapan terutama dalam kondisi yang paling ekstrim sekalipun. Seperti bagaimana Ahmed yang memupuk harapannya untuk dapat melihat Taman Gantung di kota Babilonia dengan mata kepala sendiri.

Dari berbagai sumber
Sumber

17.04 | 0 komentar

Cara Download Quran Android dengan pembacaan audio secara manual

Written By Rudi Abu azka on Rabu, 27 Agustus 2014 | 14.10


Quran Android adalah aplikasi quran terbaik bagi pengguna ponsel pintar, memiliki banyak fitur seperti terjemahan, tafsir dan juga bacaan ayat per ayat.
tetapi jika Anda ingin mendengarkan bacaan Quran nya, Anda harus memiliki koneksi internet sehingga Anda dapat men-download data audio offline untuk bacaan, tetapi juga file audio ukuran kira-kira 300-500mb besar untuk 30 juz tergantung pada qari dan kualitas.
Pada kesempatan ini saya ingin menunjukkan cara mengunduh berkas bacaan secara manual untuk penggunaan offline sehingga Anda dapat membagikannya kepada orang lain.

Saya akan menunjukkan bagaimana melakukan langkah demi langkah:
1. Download dulu Quran android ke ponsel Anda / tablet dan memperbaruinya.
2. Dengan menggunakan komputer yang terhubung ke internet pergi ke website ini Sourceforge

3. Lalu download qari favorit Anda, bagi saya saya mendownload Shuraim-64kbps
4. Untuk Linux-sabily Anda sudah memiliki file dalam komputer Anda hanya menyalinnya.
5. Setelah Anda selesai download ekstrak
6 .rename folder dan file, untuk membuat pekerjaan kurang kerumitan menggunakan Bulk rename utility
karena quran android menggunakan android format yang berbeda untuk file nama jadi Anda harus mengganti nama folder dan file dengan menghapus "00" dari itu misalnya "001" perubahan "1", "099"> "99".


7. Setelah selesai, salin semua file audio ke kartu sd Anda. Menempatkan file dalam /sdcard/quran_android/audio/
8. Berikut daftar folder qari pembaca Quran pada Android Quran :
husary
minshawi_murattal
0 = abdul basit
1 = abdul basit mujawwad
2 = abdullah basfar
3 = Abdurrahman As Sudais
4 = abu bakr sebagai shaatree
5 = misyari rasyid Alafasy
6 = Hani Rifai
8 = Husary mujawwad
9 = hudaify
11 = Maher Muaiqly
13 = Minshawy mujawwad
14 = Mohammad al tablaway
15 = mohammad Ayyoub
16 = mohammad Jibril
17 = saood abu shuraym
18 = Ghamidi
19 = ibrahim berjalan
* Untuk husary dan Minshawi tidak menggunakan penomoran karena itu tidak memiliki ayat demi ayat, tetapi gapless oleh surah
  9. Jalankan Quran Android dan mendengarkan bacaannya
10. Atau bila Anda bingung, cara instan adalah memesan DVD data Audionya kepada kami dan Anda tinggal menyalin data audio Quran untuk aplikasi Android Qur'an tanpa ribet. Cukup menghubungi Admin Nurisfm.
 
14.10 | 3 komentar

IKUTILAH/HADIRILAH PELATIHAN RUQYAH SYAR’IYAH GRATIS

Written By Rudi Abu azka on Sabtu, 23 Agustus 2014 | 09.07

IKUTILAH/HADIRILAH PELATIHAN RUQYAH SYAR’IYAH GRATIS

Pemateri: Ustdaz Baginda , Ustadz Muhammad Hafidz
dan Tim Komunitas Cinta ruqyah

Materi :
• Mengenal Ruqyah Syar’iyah
• Mengenal ciri Ruqyah Syar’iyah dan Ruqyah Syirkiyah
• Mengenal ciri – ciri gangguan jin
• Mengenal tentang sihir
• Mengetahui cara menghancurkan sihir
• Praktek Ruqyah Mandiri
• Praktek Ruqyah Berpasangan
• Praktek Ruqyah Berkelompok

GRATIS
Insyaallah akan di adakan pada :
Hari / Tanggal : Minggu 24 AGUSTUS 2014
pukul 8.00 WIB – Selesai
Tempat : MUSHOLA AL IKHLAS
Alamat : JL Inpress xi RT 05 RW 08 kel Larangan Utara Kec Larangan Kota Tangerang

Untuk UMUM dan GRATIS

bawa keluarga anda yang terkena gangguan jin atau teridikasi gangguan terkena mahluk halus.

Satu Masjid satu peruqyah , satu keluarga satu peruqyah , jadilah peruqyah untuk keluarga anda , tonton terus khazanah trans 7 setiap hari pukul 05.30 pagi.

Contact Person :
Muhammad Hafidz 08984754048
Abu Azka/Rudianto 08571686362
09.07 | 1 komentar

Kutub Tis'ah

Written By Rudi Abu azka on Selasa, 19 Agustus 2014 | 09.17


Aplikasi Hadits Digital Lengkap yang berisi terjemahan 9 kitab hadits yang
menjadi rujukan umat Islam setelah Al-Quran, yakni:
Shahih Al-Bukhari (7.008
hadits), Shahih Muslim (5.362 hadits) ,
Sunan At-Tirmidzi (3.891 hadits), Sunan
Abu Dawud (4.590 hadits),
Sunan An-Nasa’i (5.362 hadits),
Sunan Ibn Majah(4.332 hadits),
Sunan Ad-Darimi, (3.367 hadits)
Musnad Ahmad (26.362 hadits)
dan Muwaththa’ Malik (1.594 hadits).

Total, aplikasi ini memuat 62.168 hadits
lengkap teks Arab dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Selain
terjemahan, aplikasi ini juga diperkaya dengan mata rantai periwayatan (sanad)
serta penilaian imam dan ulama hadits terhadap masing-masing perawi. Apakah
perawi itu termasuk perawi yang bisa dipercaya, kuat, lemah, perlu diteliti lebih
lanjut dst.
Namun sangat disayangkan, versi aplikasi Android resmi dari LIDWA sendiri belum ada. Tapi mudah-mudahan dengan apliaksi ini Lidwa bisa segera merespon akan pentingnya apliaksi Hadis 9 imam hadir di playstore versi mereka.
Download
09.17 | 1 komentar

Mudah & Praktis "Menghafal Al Qur'an" bersama Syeikh Mishary Rasyid Al Afasy

Written By Rudi Abu azka on Rabu, 13 Agustus 2014 | 17.03

Mudah & Praktis "Menghafal Al Qur'an" bersama Syeikh Mishary Rasyid Al Afasy.

"Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan al-Qur'an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran." (QS. Al-Qomar [54]: 17, 22, 32, 40)

Pernahkah ketika Anda ingin menghafal suatu surat/ayat dalam Al-Qur'an lalu Anda merasa sudah hafal? Itu karena sebelumnya kita telah sering mendengar surat/ayat tersebut. Mungkin karena kita sering endengarkan Murottalnya atau mungkin ketika sholat berjamaah, imam di Mesjid sering membaca surat/ayat tersebut. Segala sesuatu yang sering kita dengar berulang-ulang, maka dengan sendirinya kita akan hafal. Metode ini bisa kita terapkan untuk menghafal Al-Qur'an. Sering mendengar berulang-ulang ternyata sangat efektif dalam menghafal Al-Qur'an dan akan mempercepat kita untuk menghafalnya. 

DVD ini hadir untuk membantu Anda dalam menghafal Al-Qur an, kini Anda tidak perlu lagi repot-repot mendownload, karena DVD ini berisi:
1. MP3 Murottal Al Qur'an per Ayat (6348 file/ayat)
2. MP3 Murottal Al Qur'an per Halaman (604 file/halaman)
3. MP3 Murottal Al Qur'an per Juz (30 file/Juz)
4. MP3 Murottal Al Qur'an per Surat (114 file/Surat),
5. MP3 Murottal Al-Qur'an Juz 30 Talaqy Anak, juga dilengkapi dengan
6. Aplikasi Qur'an Digital per Ayat Tajwid, dilengkapi dengan Terjemah, Tafsir dan Audio. (1 GB)

Dengan memiliki DVD ini, maka Anda bisa langsung mendengarkan murottal sesuai dengan pilihan yang ingin Anda hafalkan. Sehingga bisa membantu Anda dalam membuat target hafalan ayat/halaman/juz/surat. Dengan mendengarkan terus Murottalnya sesering mungkin (menggunakan media player, mp3, mp4, handphone, Ipod, walkman, Smartphone, dll), maka ini akan memudahkan kita ketika akan menghafal Al Qur'an, bahkan bisa hafal dengan sendirinya, Insya Allah.

Selamat menjadi orang mulia, sebagai penghafal Al Qur'an dan menjadi keluarga nya Allah. Sebagaimana sabda kekasihnya Muhammad SAW "Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al Qur'an dan mengajarkannya". Semoga bermanfaat.

Atau Pesan Segera DVD nya:

1. Infaq DVD: Rp 50.000,- /keping (sudah termasuk ongkos kirim)
2. Uang pembelian ditransfer ke rekening di bawah ini:

Bank Muamalat Indonesia
 Nomor Rekening: 3280004282
atas nama: Rudianto

4. Bila transfer via ATM, kode Bank Muamalat Indonesia: 147
5. Setelah transfer dilakukan, segera beritahukan kepada kami ke email: akhrudianto@gmail.com atau SMS ke nomor handphone: 085716863625 dengan mencantumkan tanggal dan nominal transfer serta identitas (nama dan alamat lengkap) anda.
6. CD/DVD akan kami kirim via paket pos kilat khusus ke alamat anda.

Seluruh keuntungan dari produk ini untuk pembiayaan operasional TV  Dakwah online Nuristv
17.03 | 1 komentar

Aplikasi Al-Qur'an Android Terbaik 2014 (part 2)

Written By Rudi Abu azka on Minggu, 10 Agustus 2014 | 15.09

Sebelumnya telah kita bahas 5 Aplikasi Qur'an Adroid terbaik di tahun 2014 ini. Nah, berikut adalah kelanjutan dari postingan sebelumnya untuk nomor 6 sampai 9.

  1. Quran Tafsir Pro (Salaam Software)

Ini dia aplikasi Qur’an Android dengan fitur yang sangat lengkap. Banyak sekali fitur yang ditawarkan. Namun bagi yang tidak begitu membutuhkan fitur-fiturnya justru akan bingung dengan aplikasi ini. Meski begitu, fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini tidak dapat diabaikan begitu saja. Berikut fitu-fiturnya:

  •  Terdapat 3 pilihan font yang dapat dirubah ukuran dan warnanya
  • Dapat melihat akar kata
  • Game untuk menguji pengetahuan kita tentang arti kata dalam Al-Qur’an
  • 67 pilihan terjemah
  • Tafsir Ibnu Katsir (Bahasa Arab dan Inggris)
  • Audio dengan 39 Qori’ pilihan
  • Do’a dalam Al-Qur’an dan ayat yang terkait do’a tersebut
  • Widget pada homescreen yang menampilkan ayat secara acak

  1. Al Quran by Words Translation (Sunan R. Dananjaya)

Ingin tahu arti kata dalam Al-Qur’an? Aplikasi ini dapat menjadi solusinya. Sangat cocok bagi kita yang ingin mempelajari Al-Qur’an dan maknanya. Aplikasi ini sangat sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Fitur yang dimiliki adalah:

  • Terjemah lengkap dalam 2 bahasa (Inggris dan Indonesia)
  •  Share ayat
  • Tampilan yang bersih dan mudah digunakan
  • Database sudah termasuk di dalam aplikasi sehingga tidak membutuhkan koneksi internet

  1. Ayat: Holy Quran (ETC KSU)

Aplikasi ini merupakan aplikasi buatan King Saud Universty Arab Saudi. Fitur yang ditawarkannya pun sangat lengkap bahkan ada mushaf riwayat Warsh An-Nafi’i yang akan terdengar ganjil bagi masyarakat awam. Aplikasi ini sangat cocok untuk akademisi ataupun masyarakat umum yang ingin mendalami ilmu Al-Qur’an. Berikut fitur-fiturnya:

  • 3 pilihan mushaf (Mushaf Al-Madinah, Mushaf Tajwid, dan Mushaf Warsh
  • Banyak pilihan Qori’ terkenal (2 di antaranya adalah riwayat Warsh)
  •  Pengulangan bacaan ayat
  • Fungsi pencarian
  • Terdapat 7 pilihan tafsir (6 Bahasa Arab dan 1 Bahasa Inggris)
  • I’rab (Grammar) Al-Qur’an oleh Qaim Da’aas
  • Terjemah teks Al-Qur’an dalam 20 bahasa
  •  Terjemah Audio dalam 2 bahasa (Inggris dan Urdu)
  • Sinkronisasi antara ayat dan audio
  • User interface dalam Bahasa Arab dan Inggris

  1. Quran Kata Per Kata (Saliima Software)

Satu lagi aplikasi Qur’an yang menawarkan terjemah per kata. Dibandingkan aplikasi sebelumnya sebenarnya aplikasi ini memiliki fitur yang lebih lengkap, hanya saja user interface yang kurang menarik membuat aplikasi ini agak kurang nyaman untuk digunakan. Namun, fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini tidak bisa begitu saja diabaikan:

  • Terjemah per kata bahasa Indonesia*
  • Terjemah per ayat bahasa Indonesia
  •  Tafsir Jalalayn per ayat bahasa Indonesia*
  • Tafsir Ibnu Abbas bahasa Inggris*
  • Audio per ayat dengan beberapa pilihan Qari*
  • Bookmark halaman
  • Bookmark ayat*
  • Tanda tajwid berwarna
  •  Tadabbur makna per ayat* sambil mendengarkan audio
  • Menu untuk download audio
  • Menu untuk mendengarkan audio saja/mengecek hafalan quran
  •  Zoom In dan Zoom Out*
  • Berbagi (share) ke email, sms, whatsapp, dll
  • Mendukung full landscape atau portrait
  • Disusun per halaman berdasarkan Mushaf Madinah
*Penggunaan fitur ini dibatasi sebelum registrasi, kecuali terjemah per ayat.

 
15.09 | 0 komentar

Aplikasi Al-Qur'an Android Terbaik 2014 (part 1)

Al-qur’an adalah kitab suci yang menjadi pedoman hidup bagi umat Islam. Sebagai umat Islam tentunya kita tidak ingin ketinggalan untuk mempelajarinya atau bahkan sekedar membaca ayat-ayat indahnya. Apalagi ada pahala dibalik interaksi kita dengan Al-Qur’an.
Nah, di awal tahun 2014 ini, Android4Islam akan mengulas 10 aplikasi untuk membaca Al-Qur’an terbaik. Semua aplikasi ini dapat didownload secara gratis, alias cuma-Cuma, namun sayangnya beberapa aplikasi adalah versi lite.  Ingin tahu apa saja aplikasi tersebut dan apa yang menjadikannya sebagai terbaik? Simak ulasan kami berikut:

  1. Quran Android (Quran Android)

Ini adalah aplikasi Qur’an yang paling banyak didownload di play store. Mengunggulkan kelengkapan fitur dan tampilan yang sederhana membuat aplikasi ini mampu memperoleh rating yang tinggi dari banyak penggunanya. Berikut fitur-fitur yang ditawarkan:


  •  Pemutaran audio tanpa jeda ayat
  • Bookmark ayat
  • Sharing ayat
  •  Tafsir Ibnu Katsir, As-Sa’di dan Al-Muyassar (Bahasa Arab)
  •  Pembacaan ayat dapat melalui streaming atau didownload terlebih dahulu
  • Fungsi pencarian
  •  Modus baca malam hari
  • Pengulangan audio
  • Terjemahan yang mendukung banyak bahasa (termasuk Indonesia)
  •  Mendukung banyak Qori’ untuk audio


  1. Quran Cordoba (qurancordoba.com) 

Tentu saja teman-teman sudah tidak asing dengan nama tersebut. Ya, Qur’an Cordoba merupakan salah satu produk Al-Qur’an ternama di Indonesia. Nah, kalau teman-teman biasanya melihat atau bahkan memiliki Qur’an Cordoba dalam bentuk buku, maka ini adalah versi untuk smartphone-nya. Dengan tetap mengandalkan tampilan tajwid warna membuat Qur’an ini sangat nyaman untuk dibaca. Fitur yang ditawarkan aplikasi ini pun tergolong cukup lengkap, apalagi ada fitur tambahan yang tidak ada pada aplikasi Qur’an lainnya. Berikut fitur-fitur dari aplikasi ini:


  • Qur’an tajwid warna dalam 604 halaman (Sama dengan Qur’an versi Madinah)
  • 45 variasi bacaan, murottal, dan mujawwad
  •  Tafsir Al-Muyassar (Bahasa Indonesia)
  • Terjemah Bahasa Indoensia
  •  Pengingat Sholat
  • Kalender Hijriyah
  •  Hadits Arbain (sebagaimana Qur’an Amazing 101-in-1 edisi Indonesia)
  • Ilmu pengobatan Islam (Thibbun Nabawi) [online]
  •  Video Taushiyah [online]
  • Cordoba Store [online]


  1. MyQuran Indonesia Lite Quran (the Wali studio)


Mungkin bisa dibilang inilah aplikasi Al-Qur’an terbaik buatan Indonesia. Tampilannya menarik dan fitur yang ditawarkan pun sangat lengkap. Sayangnya, untuk mendapatkan fitur lengkapnya teman-teman harus merogoh kocek untuk membeli aplikasi ini seharga $5,47. Tapi tenang saja, versi gratisnya pun sudah cukup memuaskan kok. Ini dia fitur-fiturnya:


  •  Desain yang menarik
  • Otomatis menyimpan surat terakhir yang dibuka
  • Fungsi pencarian
  • Kumpulan do’a dalam Al-Qur’an
  • Bookmark ayat
  • Tampilan per halaman (pada versi lite hanya 10 halaman)
  • Tugas untuk mengkhatamkan Al Quran (Pada versi lite sudah digenerate dan tidak dapat diubah)
  • Tugas untuk menghafal Al Quran (Pada versi lite hanya dapat membuat 5 tugas)
  • Asmaul Husna
  • Schedule/Alarm untuk mengingatkan saatnya membaca Al Quran (Pada versi lite hanya dapat membuat 1 jadwal)
  •  Makhraj
  • Membaca Al Quran :
    1. Pinch to zoom
    2. Suara Qori yang banyak (Pada versi lite hanya untuk Al Fatihah, Al Falaq, Al Ikhlas dan An Naas)
    3. Terjemahan yang banyak
    4. Tajwid berwarna
    5. Huruf Latin (Transliterasi)
    6. Swipe dengan 2 jari untuk pindah halaman
    7. Audio Player
    8. Bagikan ke Media Sosial
    9. Copy Quran Text
    10. Tampilan FullScreen (Pada versi lite hanya untuk Al Fatihah dan Al Baqarah)
Download :


  1. Al-Quran al-Hadi (Pusat Kajian Hadis)

Ini juga merupakan aplikasi Qur’an buatan Indonesia, yaitu dibuat oleh Pusat Kajian Hadis. Yang menarik dari aplikasi ini adalah adanya fitur indeks tematik dan kajian ayat yang dapat menambah pemahaman kita terhadap Al-Qur’an. Selengkapnya fitur aplikasi ini adalah:


  •  Indeks tematik berupa skema pemahaman terhadap suatu ayat
  •  Kajian ayat untuk mengetahui kajian yang dibahas dalam ayat tersebut
  • Keterkaitan 2 fitur di atas, sehingga untuk mempelajarinya kita dapat memulai dengan tema ataupun dengan ayat untuk mengetahui temanya
  • Terjemah Bahasa Indonesia
  • Audio Murottal
  •  Fungsi Pencarian
  • Ayat hari ini (muncul pada setiap membuka aplikasi)


  1. Mushaf Tajweed - Holy Quran (Omar Ramadan)

Aplikasi ini terbilang sangat sederhana karena hanya menyediakan fitur membaca dan bookmark ayat. Namun justru kesederhanaan itulah yang membuat aplikasi ini begitu mudah untuk digunakan. Dan tentu saja, yang menjadi andalan dari aplikasi ini adalah fitur warna tajwid-nya. Dengan backround putih dan warna-warna tajwid yang colorful akan membuat teman-teman merasa betah untuk membacanya. Namun sebelum dapat menikmati aplikasi ini, teman-teman diharuskan mendownload database-nya pada saat pertama kali menggunakannya.

Download : Mushaf Tajweed - Holy Quran (Free)

Source
15.06 | 1 komentar

LIHATLAH DUNIA

Written By Rudi Abu azka on Jumat, 08 Agustus 2014 | 08.33


Lihatlah Dunia by Brother

Apa sudah terjadi pada dunia
kekejaman ada di mana sahaja
bilakah akan berakhir segalanya

Renungilah dunia kita
kekejaman ada dimana sahaja
hentikan segera segala-galanya

Kehidupan penuh sengketa
kerana kejahilan penghuni dunia
rakyat merana, rakyat tersiksa
kerana kezaliman
insan yang tak kenal erti kemanusiaan

Moral manusia telah luntur
fitrahnya pula semakin pudar
kerna hawa nafsu dan hasutan syaitan

Kita mampu merubah segalanya
jika dihati kita bersungguh
penuh kesabaran jua mujahadah

Oh Tuhan, bantulah kami
berilah kekuatan, tabahkan hati ini
azabmu digeruni, siksamu ditakuti
bimbinglah kami
agar dapat menghindari, azab yg menanti

Ya Rahman, berilah hidayah
kepada semua penghuni dunia
08.33 | 0 komentar

Bi Qur'an Plus Tafsir Ibnu Katsir

Written By Rudi Abu azka on Selasa, 05 Agustus 2014 | 05.47

Aplikasi alquran yang kita bahas ini adalah Complete Quran (Indonesia). Aplikasi ini disajikan secara FREE. Dan hanya tersedia untuk Smartphone Android.
Berikut ini adalah Fitur-fitur yang ada pada Aplikasi Android Complete Quran (Indonesia):
- Perbesar huruf Quran
- Tafsir Ibnu Katsir
- NEW: Pencarian cepat dari menu “Menuju”
- Install ke SD card
- Post ke wall Facebook (ayat > 420 karakter akan di posting ke notes karena FB hanya membolehkan maksimal 420 karakter pada wall)
- Mode landscape (ubah dari menu “Setelan”)
- Tweet ke Twitter**
- Pilihan screen tetap menyala
- Donasi ke bank lokal, lihat http://www.badr-interactive.com/id/donasi
- Mencari di terjemahan dan tafsir
- Menuju ayat tertentu
- Menuju halaman tertentu
- Menuju juz tertentu
- Halaman berdasarkan mushaf Utsmani
- Pembatas Juz
- Ukuran huruf Latin bisa diatur
- Tampilkan/Sembunyikan ayat
- Tampilkan/Sembunyikan terjemah
- Bookmark yang terkategori
- Banyak Bookmark Kategori

- Tampilkan/Sembunyikan bookmark
- Warna bookmark bisa diatur
- Email ayat
- Email tafsir


Aplikasi Complete Quran (Indonesia) ini selain lengkap, fiturnya seabrek-abrek, flexibel dan juga sangat user friendly. Cocok banget buat masbro dan mbaksis sekaliyan yang ingin selalu akrab dengan Al Qur’an. Apalagi pakai yang donasi biar berkah semuanya.

Pada awal di publish nya aplikasi Al-quran buatan lokal ini memang belum begitu sempurna. saya masih prefer pake aplikasi lain seperti iQuran. Kekurangan Complete Quran (Indonesia) ini ialah seperti: Bahasa Tafsir nya masih campur-campur gitu deh, semacam bahasa malaysia atau semacam bahasa Indonesia yang di translate pake google Translate. Jadi ya kurang mudah di pahami gitu deh. Tapi saya yakin kedepannya aplikasi ini akan semakin baik, itu dibuktikan dengan beberapa change log berupa daftar perbaikan-perbaikan pada versi sebelumnya yang kini menjadi lebih baik dan lebih enak digunakan.
Kelebihan:
+ Simple dan mudah digunakan
Share berupa tulisan (Arab dan Indonesia)
+ Fasilitas yang cukup lengkap
+ Fasilitas pengaturan (setting) yang mumpuni
+ Dan lain-lain

Kekurangan:

Aplikasi ini hanya memiliki sebuah kekurangan, yaitu tafsir yang berbahasa Inggris. Sebenarnya pada versi sebelumnya aplikasi ini memiliki tafsir bahasa Indonesia. Setelah membaca deskripsi dari aplikasi ini di halaman download google play, ternyata ada banyak kesalahan translasi dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Oleh karena itu oleh developer dikembalikan ke dalam bahasa Inggris. Dan developer membuka kesempatan untuk siapa saja yang ingin berkontribusi menerjemahkan tafsir ke dalam bahasa Indonesia dengan cara mengirim email kepada developer melalui halaman "Tentang" (keterangan lebih lanjut silahkan baca deskripsi aplikasi di sini).

Kesimpulan:
Dari fasilitas, kelebihan dan kekurangan di atas dapat kita simpulkan aplikasi ini adalah aplikasi yang sangat bermanfaat dan memiliki fasilitas yang sangat mumpuni. Dari itu saya merekomendasikan aplikasi ini untuk Anda yang membutuhkan aplikasi Quran digital untuk perangkan Android Anda

Nama : Complete Quran (Indonesia)
Tahun dibuat : 2013
Ukuran file : 6,1 Mb
Ekstensi : .apk
Developer : Badr Interactive
Situs : badr-interactive.com


Untuk Update Materi dari Tafsir Ibnu Katsir bisa Kunjungi di http://ibnukatsironline.blogspot.com
05.47 | 0 komentar
“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahu. (QS. Al-Baqarah:261)

DONASI

Follow by Email

TEBAR DAKWAH FILM ISLAM

Teknik Support Streaming

DJ ONLINE

Visitor

free counters

TAFSIR IBNU KATSIR

NURIS TV

AGENDA TV

STREAMING RADIO NURISFM

STREAMING RADIO NURISFM

Server Lokal

Server Luar Negeri

Dengarkan Nurisfm Disini

Total Tayangan Laman

Pengunjung