Assalamu'alaikum ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Nurisfm Network
Naskah tentang Ilmu Agama Islam dalam media ini diambil dan disusun dari berbagai sumber. Tidak tercantumnya sumber dan penulis, bermaksud untuk penyajian ilmu yang 'netral' semata. Mudah-mudahan menjadikan amal baik bagi penulisnya dan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Kelemahan dan kekurangan serta segala yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan. Apabila ada pihak yang keberatan atau merasa dirugikan dimohonkan menghubungi Admin (Abu Azka). Dan untuk naskah-naskah ilmu pengetahuan umum, Insya Allah akan dicantumkan sumber dan atau penulisnya. Mohon Maaf sebelumnya, sekian dan terima kasih ^-^

ENSIKLOPEDI PENGOBATAN ISLAM

Written By Rudi Abu azka on Kamis, 01 Desember 2016 | 20.08

Alhamdulillah, Abu Azka bisa memposting salah satu buku Pengobatan Islam yang cukup lengkap. Berikut salah satu mukadimah dalam buku Ensiklopedi Pengobatan Islam penulis menyampaikan secara garis besar isi bukunya.

Segala puji milik Allah Pemelihara semesta alam, shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Sayidina Muhammad, keluarga, sahabat, dan siapa saja yang mengikuti beliau sampai hari Pembalasan.

Ya Allah, perbaikilah untuk kami din kami yang merupakan pokok pegangan kami. Baguskanlah untuk kami dunia kami yang di sanalah mata pencaharian kami. Perbaikilah untuk kami akhirat kami yang di sanalah tempat kembali kami. jadikanlah kehidupan sebagai tambahan bagi kami dalam segala kebaikan. jadikanlah kematian sebagai istirahat bagi kami dari
segala keburukan.

Ya Allah, berikanlah ketakwaan kepada jiwa-jiwa kami, sucikanlah ia karena Engkau-lah sebaik-baik Yang menyucikannya, Engkau-lah Pengurus
Nya dan Taan-Nya.

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu‘, dari nafsu yang tak pernah kenyang, dan darz' doa yang tidak dikabulkan.

Wa ba‘du:

Untuk meneguhkan kepercayaan dan iman kepada Al-Qur‘an Al-Karim bahwa ia merupakan mukjizat llahi yang memiliki rahasia seluruh urusan di dunia dan akhirat, seoran g muslim harus men getahui dan memahami segala sesuatu yang terkandung di dalamnya. Juga harus mengetahui bagaimana kerja keras penuh kesungguhan yang dilakukan oleh kaum muslimin generasi pertarna, sehingga Al-Qur’an Al-Karim ini sekarang dapat terkumpul menjadi satu dalam bentuk yang simpel dan praktis yang memudahkan bagi kita. Al-Qur’an Al Karim hadir di hadapan kita dengan kemudahan yang sempurna.

Di samping itu, seorang muslim harus mengetahui dengan jelas kedudukan Al Qur’anul ‘Azhim, sehingga tiada seorang pun yang menganggapnya remeh. Ada banyak orang yang tidak mempercayai bahwa Al-Qur’an Al-Karim itu merupakan penyembuh, dapat melapangkan kesusahan, melonggarkan kesulitan, bahkan meskipun semua penjelasan dan dalil yang diperlukan bagi setiap muslim telah terkandung di dalamnya.

Saya katakan kepada Anda, “Pelajari dan dalami kandungan Al-Qur’an serta singkapkan rahasia-rahasianya. Bacalah sejarah Al Qur’an Al-Karim. Pada saat itulah kalian menjadi yakin terhadapnya dan kalian mengetahui bahwa ia adalah mukjizat ilahi.

Barangsiapa yang berpegang teguh kepadanya maka Allah Ta‘ala pasti akan memenuhi kebutuhannya dan mencukupi urusannya betapapun banyaknya. Selanjutnya anda menjadi seorang hamba akan sampai kepada iman dan yakin kepada Allah Ta‘ala dan apa yang Dia turunkan berupa ayat-ayat yang mulia kepada Rasul-Nya, Muhammad Shlalallahu Alaihi as Sallam

Saya memulai kitab ini dengan pembicaraan dan penjelasan tentang: bagaimana cara Al-Qur’an Al-Karim itu diturunkan, berbagai pendapat ulama tentangnya, berita tentang urutan surat, waktu pengumpulannya pada masa Rasulullah  sampai pada masa Utsman bin Affan Ra.

Selanjutnya saya mengutarakan penjelasan tentang shalat, yang meliputi macam dan keutamaannya untuk menyempurnakan pemahaman setiap muslim, yakni orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk melaksanakan ibadah serta berdzikir berdasarkan ajaran Nabi Muhammad. Karena ibadah dan dzikir itu akan menjadi benteng pelindung bagi setiap muslim dari gangguan apa saja yang berasal dari setan, sihir, serta penyakit yang tersembunyi.

Selama seorang muslim itu mengenal secara baik pokok ajaran dinnya dan rahasia Al-Qur’an, menegakkan ibadah berdasarkan landasan yang benar clan sahih, membaca Al-Qur’an dan berdoa kepada Allah untuk memperbaiki keadaan dirinya, atau memohon kesernbuhan bagi penyakit yang dideritanya, maka Allah pasti akan mengijabahi doanya.

Mengapa?

Karena dia adalah seorang mukmin sejati, yang percaya kepada Allah dengan kepercayaan yang kuat, serta meyakini kebenaran AlQur’an Al Karim.

Selanjutnya saya akan berpindah ke bahasan tentang permohonan kesembuhan dengan Al-Qur’an Al-Karim dan terapi beragam penyakit dengan ayat-ayat-Nya yang mulia. Saya sebutkan terapi sejumlah penyakit flsik dan jasmani, seperti penyakit-penyakit degeneratif (penurunan fungsi organ) juga yang disebabkan oleh bakteri, jamur, dan kuman.

Selanjutnya saya paparkan terapi berbagai penyakit psikis yang penyebabnya antara lain: setan dan sentuhannya terhadap manusia, sihir, dengki, dan apapun yang sejenis dengan itu. Akan saya jelaskan juga secara detail beberapa keutamaan dan rahasia dari ayat-ayat AlQur’an Al-Karim dan Asma’ul Husna, serta cara berdzikir dengan keduanya menurut ajaran Al-Qur’an dan Al-Hadits Asy-Syarif.

Sebaik-baik dzikir adalah dzikir dengan firman Allah Sang Pemelihara semesta alam, yang menjadikan hati menjadi tenteram, doa dikabulkan, menyembuhkan berbagai penyakit, dan berbagai kebutuhan terpenuhi. Itulah sebaik-baik penolong bagi kita, dengan izin Allah Ta‘ala, kekuasaan-Nya dan kekuatan-Nya. Apalagi Al-Qur’an itu mengandung segala sesuatu.

Yang terakhir saya membuat bab tersendiri mengenai terapi dengan bekam, madu, dan herbal.

Ya Allah, jadikanlah Al-Qur’anul Azhim itu sebagai penenteram hati kami, cahaya pandangan mata kami, penghilang kesedihan dan kesusahan kami. Tiada daya dan tiada kekuatan kecuali karena Allah Yang Mahatinggi lagi Mahaagung, Mahasuci, Maha Pemelihara, dan Sang Pemilik  kegagahan dari apa  yang  mereka sifatkan. Salam untuk  sekalian rasul  dan  segala puji milik Allah Pemelihara Sekalian Alam.


Judul buku : Ensiklopedi Pengobatan Islam
Karya  : Syaban Ahmad Salim
Halaman : 714 halaman
Penerbit : Pustaka Arafah
Harga  : Rp 120.000,- (Belum termasuk ongkos kirim)


0 komentar:

Posting Komentar